Tips Memilih Pegangan Pintu

Tips Memilih Pegangan Pintu

Tips Memilih Pegangan Pintu

Pegangan pintu sering disepelekan karena bentuknya yang kecil dan fungsinya yang hampir sama disetiap pintu. Jika dibandingkan dengan model pegangan pintu klasik, saat ini berbagai model dan jenis pegangan pintu justru akan membuat anda kebingungan dalam memilih yang sesuai dengan keinginan anda. Namun, anda tetap perlu menyesuaikan pegangan pintu dengan lokasi rumah anda. Misalnya, jika anda tinggal di daerah yang dekat dengan pantai atau laut maka pilihlah pegangan pintu yang tidak terbuat dari kuningan dan tembaga, karena kandungan udara yang berada di daerah pesisir yaitu garam sehingga akan mempengaruhi warna dan tampilan dari pegangan pintu.
Jika rumah anda memiliki konsep desain yang klasik maka bentuk pegangan pintu yang sesuai adalah bentuk melengkung dan memiliki ukiran, selain itu warna yang sesuai adalah warna kuning tembaga, abu-abu gelap, dan kuning terang. Jika model rumah anda modern maka pegangan pintu yang sesuai adalah pegangan pintu yang memiliki bentuk simpel seperti persegi panjang atau bulat panjang. Biasanya bahan dari pintu modern terbuat dari polished chrome, satin stainless, dan polished stainless steel.

Tips Memilih Pegangan Pintu

Tips Memilih Pegangan Pintu

Anda harus mempertimbangkan keamanan karena pegangan pintu berfungsi untuk mengunci dan membuka pintu yang menghubungkan satu ruangan ke ruangan lainnya. Sesuaikan juga ketebalan pintu dengan pegangan pintu karena saat ini ukuran ketebalan pintu sudah memiliki standar baku yang disesuaikan dengan ukuran kunci maupun pegangannya. Usahakan keamanan terhadap pintu yang berhubungan langsung dengan akses luar diberikan keamanan ekstra dibandingkan penggunaan pintu yang menghubungkan antar ruang. Bila perlu cobalah pegangan pintu pada saat memilih di toko bangunan atau pasar yang menyediakan pegangan pintu.
Dalam perawatan pegangan pintu termasuk mudah, karena untuk mempertahankan warna dan tampilan pegangan pintu usahakan pada saat membuka pintu , tangan dalam keadaan kering dan bersih. Hindari tangan basah dalam membuka pintu karena air yang masuk ke dalam sistem penguncian akan menyebabkan terjadinya karat. Usahakan berikan minyak pelumas secara berkala terhadap sistem penguncian.

Pada saat pemasangan pegangan pintu usahakan untuk melakukan pengecatan atau pembersihan terlebih dahulu pada pintu untuk menghindari pegangan pintu terkena cairan cat yang terkadang susah dibersihkan pada beberapa jenis pegangan pintu.

Sumber:
http://www.imagebali.net
http://berlinhappens.com
http://kenaridjaja.biz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *